INPUT DAN OUTPUT DEVICE



TUGAS ARKOM DAN ORKOM
“INPUT DAN OUTPUT DEVICE
Dosen : Moh. Jasri Ahya, M.Kom



Disusun Oleh :

Kelompok 1
Moh. Faisol Sugianto (13012961)
Muhammad Husnan  (13012972)

TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID
PAITON – PROBOLINGGO
2014




KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Dengan judul INPUT DAN OUTPUT DEVICE”.
Dalam penyelesaikan ini, kami  banyak mendapat bantuan dandorongan dari berbagai pihak, baik yang berupa moril, maupun materil yang sangat berarti bagi penyelesaian makalah  ini. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada :
  1. Kedua orang tua kami yang telah mendukung baik secara moril maupun materil.
  2. Bapak Moh. Jasri Ahya, M.Kom selaku dosen pada mata kuliah Arkom Dan Orkom ini.
  3. Serta teman – teman yang selalu memberikan masukan – masukan serta motivasi kepada kami sehingga kami pribadi dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Serta berbagai pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu namanya. Semoga amal baik yang telah membantu dan mendukung kami dapat diterima Allah SWT. Kami  mengetahui makalah ini penuh dengan kelemahan dan kekurangan,  oleh karena itu saran dan kritik yang membangun amat diharapkan. Semoga ini dapat mendatangkan manfaat bagi pembaca umumnya dan bagi kami khususnya.


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR......................................................................................................... i
DAFTAR ISI....................................................................................................................... ii
BAB I. PENDAHULUAN
A.    Latar belakang........................................................................................................ 1
B.     Rumusan masalah................................................................................................... 1
C.     Tujuan..................................................................................................................... 1
BAB II. PEMBAHASAN
A.    Komputer dan Komponen-komponennya.............................................................. 2
B.     Pengertian Input Device......................................................................................... 3
C.     Pengertian Output Device.................................................................................... 13
BAB III. PENUTUP
A.    Kesimpulan........................................................................................................... 16
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULAUAN

A.      LatarBelakang
Kemajuan teknologi elektronik semakin banyak merambah hampir di setiap aspek bidang kehidupan manusia, baik di bidang telekomunikasi, informasi, administrasi, dan perkantoran,  perusahaan bahkan kebutuhan rumah tangga, tidak terlepas dari teknologi elektronik.
Teknologi komputer menawarkan berbagai kemudahan dengan kecanggihannya untuk mengerjakan pengolahan data dengan cepat, akurat dan efisien, bahkan saat ini teknologi komputer dipadukan dengan teknologi komunikasi yang kemampuannya dapat menjalankan informasi dipelosok dunia.
Komputer sebagai alat pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, diperlukan system komputer ( computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software, dan brainware. Ketiga elemen system komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satuan agar dapatdigunakan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak  bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikanya.
Dalam makalah ini, penulis akan membahas tentang bagian hardware dari komputer yang meliputi alat input dan output.

B.       RumusanMasalah
1.      Apakah  pengertian  komputer  dan komponen-komponennya?
2.      Apa definisi dan contoh alat serta fungsi dari unit input (input device)?
3.      Apa definisi dan contoh alat serta fungsi dari unit output (output device)?

C.      TujuanPenulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui:
1.      Pengertian computer dan komponen-komponennya,
2.      Definisi dan contoh alat serta fungsi dari unit input (input device),
3.      Definisi dan contoh alat serta fungsi dari unit output (output device),




BAB II
PEMBAHASAN

1.         Komputer dan Komponen-Komponennya
            Komputer merupakan suatu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja secara bersama-sama, yang dapat melakukan serangkaian pekerjaan secera otomatis melalui intruksi atau program yang diberikan kepada komputer, dan alat pengolah data menjadi informasi melalui proses tertentu.
            Komputer memiliki tiga komponen yang terdiri dari brainware (user), perangkat keras (hardware), dan perangkat lunak (software). Ketiga komponen tersebut merupakan satu system yang tidak dapat dipisahkan untuk mencapai fungsi komputer sebagai produk teknologi yang canggih.
1.      Hardware (PerangkatKeras)
Hardware (perangkat keras) adalah perangkat keras yang ada pada system computer.  Hardware terdiri dari berikut ini:
·           Alat input        : keyboard, pointing device, scanner, sensor, key to card, key to tape, key to disk
·           Alat proses      : CPU (central Processing Unit), media penyimpanan
·           Alat output      : hard copy device, soft copy device, drive device
2.      Software (PerangkatLunak)
Software (perangkat lunak) adalah suatu program yang berisi tentang instruksi-instruksi (pemerintah) yang di tulis dalam bahasa computer yang dimengerti oleh hardware computer.
3.      Brainware (user, operator, administrator)
·         User atau operator adalah orang yang mampu mengoperasikan computer.
·         Administrator adalah orang yang mengatur atau merancancang system kerja, urutan kerja, dan pengolahan data sampai dengan output.




2.         Pengertian Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a.      Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
·      QWERTY
·      DVORAK
·      KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1.   typewriter key
2.   numeric key
3.   function key
4.   special function key.

1.      Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
a.       Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
b.      Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
c.       Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
d.      Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
e.       End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris /halaman /lembar kerja
f.       Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
g.      Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
h.      Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
i.        Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas.
j.        Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
k.      Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.

2.      Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3.      Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4.      Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
b.      Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Gambar 2.12 Mouse Wireless

c.       Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.



d.      Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Gambar Light Pen

e.       Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Gambar Joy Stick dan Paddle Games

f.       Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.




g.      Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.



Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.

h.      Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.


i.        Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.



j.        Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.






3.      Pengertian  Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Contoh dari output device adalah printer, speaker, monitor, dll.
Dari penjelasan di atas sebelumnya tentang input device dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer diawali dengan memasukkan data dari perangkat input lalu data tersebut diolah dan kemudian data itu disimpan melalui memory komputer/disk. Data yang sudah disimpan dapat kita lihat melalui alat keluaran / output device.
Contoh-contoh output device adalah:
a.      Monitor

Dapat disebut juga dengan computer display, visual display unit, atau monitor saja. Monitor adalah salah satu unit output device yang berfungsi menampilkan gambar-gambar dari komputer yang bisa dilihat tanpa merekamnya. Saat ini layar monitor diproduksi dalam dua bentuk, yaitu CRT (cathode ray tube) atau Flat Panel seperti TFT LCD. Tapi dari kabar yang saya dengar, saat ini monitor CRT sudah tidak diproduksi lagi dan digantikan dengan TFT LCD.
Gambar yang dihasilkan dari monitor CRT biasanya terbuat dari 10% titik-titik kecil yang berpendar sesuai perintah dari komputer. Semakin dekat jarak pikselnya (resolusi) akan semakin tajam gambar yang diperoleh. Jarak antar piksel disebut dot pitch dengan satuan milimeter. Kebanyakan monitor CRT memiliki dot pitch sebesar 0,28 mm atau kurang.
Sedangkan monitor LCD adalah monitor yang tipis, tersusun dari beberapa piksel warnaatau piksel monokrom yang dibariskan di depan sumber cahaya atau reflektor. LCD sangat hemat energi dan tidak makan tempat. Karen kehematannya, LCD bisa digunakan dengan sumber daya baterai.

b.      Printer
Adalah alat yang menampilkan data dari komputer dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas. Printer terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat pengambil kertas dari tray, tray adalah tempat menaruh kertas di printer. Tinta / toner adalah bahan pencetaknya. Perbedaan toner dengan tinta adalah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan sebelum mencetak, sedangkan tinta / inkjet tidak butuh pemanasan. Sedangkan cartridge adalah alat pencetaknya.


c.       Speaker
Adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.



d.      Plotter
Adalah salah satu jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer berupa gambar / grafik. Dengan menghubungkan plotter ke komputer, berbagai bentuk gambar akan dicetak dengan ukuran ekstra dan dengan kualitas tinggi.

e.       Proyektor LCD
Fungsi  : untuk menampilkan gambar pada sebuahLayar. Cara kerja : bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B). Sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektor. Warna gambar yang dikeluarkan oleh proyektor merupakan hasil pembiasan dari panel-
panel LCD  tersebut yang telah disatukan oleh sebuah  prisma khusus. Gambar yang
telah  disatukan tersebut kemudian dilewatkan  melalui lensa dan di”jatuh”kan
pada layar  sehingga dapat dilihat sebagai gambar utuh.


BAB III
PENUTUP
1.      Kesimpulan
Computer adalah seperangkat alat elektronik yang berfungsi untuk pengolahan data. System computer (Computer system) terdiri dari tiga komponen yang terdiri dari brainware (user), perangkat keras (hardware), dan perangkat lunak (software).
Input device adalah seperangkat alat yang berfungsi sebagai masukan data atau informasi. Perangkat yang paling sering digunakan oleh user adalah mouse dan keyboard. Contoh perangkat lain dari input device adalah Touchpad, Light Pen, Joy Stick dan Games Paddle, Barcode, Scanner,  Kamera Digital, Mikropon dan Headphone,  Graphics Pads.
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Contoh dari output device adalah printer, speaker, monitor, dll.



DAFTAR PUSTAKA
Kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/sb3-1.html
En.wikipedia.org/wiki/input_device
Rudihd.wordpress.com/2007/
Modul TKJ spektrum 2009 ( Dikmenjur ) Modul TKJ Kur 2004 ( Dikmenjur )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi TIK Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Semester 1 dan 2

KUIS SOAL SMP/MTs KELAS 7, 8 DAN 9