INPUT DAN OUTPUT DEVICE
“INPUT DAN OUTPUT
DEVICE”
Dosen : Moh. Jasri
Ahya, M.Kom
Disusun Oleh :
Kelompok 1
Moh.
Faisol Sugianto (13012961)
Muhammad
Husnan (13012972)
TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI
TEKNOLOGI NURUL JADID
PAITON – PROBOLINGGO
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat
Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat
menyelesaikan makalah ini. Dengan judul “INPUT
DAN OUTPUT DEVICE”.
Dalam penyelesaikan ini, kami banyak mendapat
bantuan dandorongan dari berbagai pihak, baik yang berupa moril, maupun materil
yang sangat berarti bagi penyelesaian makalah ini. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada :
- Kedua orang tua kami yang telah mendukung baik secara moril maupun materil.
- Bapak Moh. Jasri Ahya, M.Kom selaku dosen pada mata kuliah Arkom Dan Orkom ini.
- Serta teman – teman yang selalu memberikan masukan – masukan serta motivasi kepada kami sehingga kami pribadi dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Serta
berbagai pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu namanya. Semoga amal baik yang
telah membantu dan mendukung kami dapat diterima Allah SWT. Kami
mengetahui makalah
ini penuh dengan kelemahan dan kekurangan,
oleh karena itu saran dan kritik yang membangun amat diharapkan. Semoga
ini dapat mendatangkan manfaat bagi pembaca umumnya dan bagi kami khususnya.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR......................................................................................................... i
DAFTAR
ISI....................................................................................................................... ii
BAB
I. PENDAHULUAN
A. Latar
belakang........................................................................................................ 1
B. Rumusan
masalah................................................................................................... 1
C. Tujuan..................................................................................................................... 1
BAB II. PEMBAHASAN
A. Komputer
dan Komponen-komponennya.............................................................. 2
B. Pengertian
Input Device......................................................................................... 3
C. Pengertian
Output Device.................................................................................... 13
BAB III. PENUTUP
A. Kesimpulan........................................................................................................... 16
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULAUAN
A.
LatarBelakang
Kemajuan
teknologi elektronik semakin banyak merambah hampir di setiap aspek bidang kehidupan
manusia, baik di bidang telekomunikasi, informasi, administrasi, dan
perkantoran, perusahaan bahkan kebutuhan
rumah tangga, tidak terlepas dari teknologi elektronik.
Teknologi
komputer menawarkan berbagai kemudahan dengan kecanggihannya untuk mengerjakan
pengolahan data dengan cepat, akurat dan efisien, bahkan saat ini teknologi
komputer dipadukan dengan teknologi komunikasi yang kemampuannya dapat
menjalankan informasi dipelosok dunia.
Komputer
sebagai alat pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, diperlukan
system komputer ( computer system) yang elemennya terdiri dari hardware,
software, dan brainware. Ketiga elemen system komputer tersebut harus saling
berhubungan dan membentuk satuan agar dapatdigunakan. Hardware tidak akan
berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya
tidak bermanfaat apabila tidak ada
manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikanya.
Dalam makalah
ini, penulis akan membahas tentang bagian hardware dari komputer yang meliputi
alat input dan output.
B.
RumusanMasalah
1. Apakah
pengertian komputer dan komponen-komponennya?
2. Apa definisi dan contoh alat serta fungsi dari
unit input (input device)?
3. Apa definisi dan contoh alat serta fungsi dari
unit output (output device)?
C.
TujuanPenulisan
Tujuan dari
penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui:
1. Pengertian computer dan komponen-komponennya,
2. Definisi dan contoh alat serta fungsi dari unit
input (input device),
3. Definisi dan contoh alat serta fungsi dari unit
output (output device),
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Komputer dan Komponen-Komponennya
Komputer merupakan suatu rangkaian peralatan
elektronik yang bekerja secara bersama-sama, yang dapat melakukan serangkaian pekerjaan
secera otomatis melalui intruksi atau program yang diberikan kepada komputer,
dan alat pengolah data menjadi informasi melalui proses tertentu.
Komputer memiliki tiga komponen yang
terdiri dari brainware (user), perangkat keras (hardware), dan perangkat lunak
(software). Ketiga komponen tersebut merupakan satu system yang tidak dapat dipisahkan
untuk mencapai fungsi komputer sebagai produk teknologi yang canggih.
1.
Hardware
(PerangkatKeras)
Hardware
(perangkat keras) adalah perangkat keras yang ada pada system computer. Hardware terdiri dari berikut ini:
·
Alat input : keyboard, pointing device, scanner,
sensor, key to card, key to tape, key to disk
·
Alat proses : CPU (central Processing Unit), media
penyimpanan
·
Alat output : hard copy device, soft copy device,
drive device
2. Software (PerangkatLunak)
Software (perangkat lunak) adalah
suatu program yang berisi tentang instruksi-instruksi (pemerintah) yang di
tulis dalam bahasa computer yang dimengerti oleh hardware computer.
3. Brainware (user, operator, administrator)
·
User atau
operator adalah orang yang mampu mengoperasikan computer.
·
Administrator
adalah orang yang mengatur atau merancancang system kerja, urutan kerja, dan
pengolahan data sampai dengan output.
2.
Pengertian
Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke
dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang
diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal
computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang
menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick,
yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer.
Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya
dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat
melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam
komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar
sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan
informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat
berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang
dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk
program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device
selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan
program.
Unit
masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a.
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu
pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf,
angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka
file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang
digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita
kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
·
QWERTY
·
DVORAK
·
KLOCKENBERG
Keyboard
yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip
seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1.
typewriter
key
2.
numeric
key
3.
function
key
4.
special
function key.
1.
Typewriter
Key
Tombol
ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin
tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
a.
Back
Space
Tombol
ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
b.
Caps
Lock
Bila
tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini
menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital,
bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
c.
Delete
Tombol
ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
d.
Esc
Tombol
ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
e.
End
Tombol
ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris /halaman /lembar kerja
f.
Enter
Tombol
ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses
perintah.
g.
Home
Untuk
menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
h.
Insert
Tombol
ini berfungsi untuk menyisipkan character.
i.
Page Up
Tombol
ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas.
j.
Page
Down
Tombol
ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
k.
Tab
Tombol
ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2.
Numeric
Key
Tombol
ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow
key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai
angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai
arrow key.
3.
Function
Key
Tombol
ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d
F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang
digunakan.
4.
Special
Function Key
Tombol
ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila
ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan
bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan
bersamaan ctrl dan arrow key.
b.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini
adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat
sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini
dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau
pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua
tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse
dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini
terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click)
dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk,
tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag)
yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag
ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa
port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Gambar 2.12 Mouse Wireless
c.
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan
notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat
digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan
yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d.
Light
Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi
dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang
dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar
monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Gambar Light Pen
e.
Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick
biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan
mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Gambar Joy Stick dan Paddle Games
f.
Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini
adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis
tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode
ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan
buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di
Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau
menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari
memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.
Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin
fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat
ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan
perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk
file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan
yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang
biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR
yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan
Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik,
yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah
scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan
fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin
objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital
Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi
lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan
sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B,
tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat
menggunakan kertas biasa.
h.
Kamera
Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu
menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan
kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin
gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini
ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu
banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana
kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam
memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau
ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada
berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis
sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti
halnya video.
i.
Mikropon
dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan
disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon,
kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita
inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan
perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound
card dan speaker untuk mendengarkan suara.
j.
Graphics
Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan
bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads.
Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.
Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum
(stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah,
yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan (
touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian
diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif
sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
3.
Pengertian Output Device
(Alat Keluaran)
Adalah perangkat
keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil
pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke
monitor), ataupun berupa suara.
Dari penjelasan di atas sebelumnya tentang input
device dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer diawali dengan
memasukkan data dari perangkat input lalu data tersebut diolah dan kemudian data itu disimpan melalui
memory komputer/disk. Data yang sudah disimpan dapat kita lihat melalui alat
keluaran / output device.
Contoh-contoh output device adalah:
a.
Monitor
Dapat disebut
juga dengan computer display, visual display unit, atau monitor saja. Monitor
adalah salah satu unit output device yang berfungsi menampilkan gambar-gambar
dari komputer yang bisa dilihat tanpa merekamnya. Saat ini layar monitor
diproduksi dalam dua bentuk, yaitu CRT (cathode ray tube) atau Flat Panel
seperti TFT LCD. Tapi dari kabar yang saya dengar, saat ini monitor CRT sudah
tidak diproduksi lagi dan digantikan dengan TFT LCD.
Gambar yang
dihasilkan dari monitor CRT biasanya terbuat dari 10% titik-titik kecil yang
berpendar sesuai perintah dari komputer. Semakin dekat jarak pikselnya
(resolusi) akan semakin tajam gambar yang diperoleh. Jarak antar piksel disebut
dot pitch dengan satuan milimeter. Kebanyakan monitor CRT memiliki dot pitch
sebesar 0,28 mm atau kurang.
Sedangkan monitor LCD adalah monitor yang tipis,
tersusun dari beberapa piksel warnaatau piksel monokrom yang dibariskan di
depan sumber cahaya atau reflektor. LCD sangat hemat energi dan tidak makan
tempat. Karen kehematannya, LCD bisa digunakan dengan sumber daya baterai.
b.
Printer
Adalah alat yang
menampilkan data dari komputer dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun
gambar/grafik di atas kertas. Printer terbagi atas beberapa bagian, yaitu
picker sebagai alat pengambil kertas dari tray, tray adalah tempat menaruh kertas
di printer. Tinta / toner adalah bahan pencetaknya. Perbedaan toner dengan
tinta adalah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan sebelum
mencetak, sedangkan tinta / inkjet tidak butuh pemanasan. Sedangkan cartridge
adalah alat pencetaknya.
c.
Speaker
Adalah
transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara
menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
d.
Plotter
Adalah salah
satu jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output
komputer berupa gambar / grafik. Dengan menghubungkan plotter ke komputer,
berbagai bentuk gambar akan dicetak dengan ukuran ekstra dan dengan kualitas
tinggi.
e. Proyektor LCD
Fungsi : untuk menampilkan gambar
pada sebuahLayar. Cara kerja : bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya
yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan
warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B). Sehingga terdapat tiga panel
LCD dalam sebuah proyektor. Warna gambar yang dikeluarkan oleh proyektor
merupakan hasil pembiasan dari panel-
panel LCD tersebut yang telah disatukan oleh sebuah prisma khusus. Gambar yang
telah disatukan tersebut kemudian dilewatkan melalui lensa dan di”jatuh”kan
pada layar sehingga dapat dilihat sebagai gambar utuh.
panel LCD tersebut yang telah disatukan oleh sebuah prisma khusus. Gambar yang
telah disatukan tersebut kemudian dilewatkan melalui lensa dan di”jatuh”kan
pada layar sehingga dapat dilihat sebagai gambar utuh.
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Computer adalah seperangkat alat elektronik yang
berfungsi untuk pengolahan data. System computer (Computer system) terdiri dari
tiga komponen yang terdiri dari brainware (user), perangkat keras
(hardware), dan perangkat lunak (software).
Input device adalah seperangkat alat yang berfungsi
sebagai masukan data atau informasi. Perangkat yang paling sering digunakan
oleh user adalah mouse dan keyboard. Contoh perangkat lain dari input device
adalah Touchpad, Light Pen, Joy Stick dan Games Paddle,
Barcode, Scanner, Kamera Digital,
Mikropon dan Headphone, Graphics Pads.
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa
hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Contoh
dari output device adalah printer, speaker, monitor, dll.
DAFTAR PUSTAKA
Kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/sb3-1.html
En.wikipedia.org/wiki/input_device
Rudihd.wordpress.com/2007/
Modul TKJ spektrum 2009 ( Dikmenjur ) Modul TKJ Kur 2004 ( Dikmenjur )
Komentar
Posting Komentar